Satu Tahun Lebih Sema-u Tidak Kunjung Lengser, Apa Penyebabnya?

Mahasiswa mempunyai fungsi dan peran kepada masyarakat merupakan sebagai iron stock, maksudnya yaitu mahasiswa diinginkan menjadi manusia tangguh yang mempunyai kecakapan dan budi pekerti mulia, di mana nantinya akan bisa menggantikan generasi-generasi sebelumnya.

Melainkan, apa jadinya apabila mahasiswa sebagai iron stock mempunyai perbincangan seperti politisi yang tidak ingin undur diri dari bangku jabatan 2023. Merupakan perbincangan bet 10 mahasiswa mengenai Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) kampus merupakan Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U).

Pada tahun lalu, ideal pada hari Kamis 22 Februari 2022 sudah terlaksana pelantikan pemilihan SEMA-U di Gedung Rektorat Lama Lt. 3. Pada sidang pemilihan ketika itu, formatur yang terpilih sebagai Ketua Lazim SEMA-U yakni DS mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Wakil Ketua Lazim FA mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Sesudah sebagian bulan kemudian, DS terkena kasus yang membuatnya lengser dari jabatannya. Ideal pada 28 Juni 2022, sudah dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) Nomor 852 tahun 2022 seputar Pemberhentian Ketua Lazim dan mengangkat Wakil Ketua SEMA-U. Pada hari itu DS legal mengundurkan diri sebagai ketua SEMA-U dan di gantikan oleh FA.

Menurut SK Direktur Jenderal Pengajaran Islam (Dirjen Pendis) Nomor 4961 Tahun 2016 mengenai Tanda Organisasi Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, bahwasanya masa bakti pengurus organisasi kemahasiswaan yaitu 1 tahun dan khusus untuk Ketua tak bisa dipilih kembali untuk jangka waktu selanjutnya dijenjang yang sama.

Mengenai hal ini, pihak Unit Aktivitas Mahasiswa (UKM) Pers Mahasiswa (PersMa) Raden Intan (RI) mewawancarai sebagian member Sema Fakultas (SEMA-F) melewati pesan pribadi lewat aplikasi WhatsApp untuk dimintai respon berhubungan pergantian SEMA-U yang tidak kunjung lengser, akan melainkan ketika dimintai respon member SEMA-F tak memberikan jawaban atau ogah untuk memberikan sebuah argumen.

Sehubungan dengan seputar hal yang demikian, SEMA-U tidak terdengar berita mengerjakan pergantian pengurus. Masa bakti SEMA-U telah slot garansi berjalan dari tanggal 22 Februari 2022, hingga pada hari ini 13 April 2023 belum ada perbincangan seputar pergantian kepengurusan SEMA-U.

Menurut kabar yang diperoleh dari Ketua Lazim Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tertib Muamalah beliau membeberkan belum adanya perbincangan mengenai pergantian kepengurusan untuk SEMA-U sendiri.

Salah satu mahasiswa UIN RIL juga membeberkan alasan berhubungan SEMA-U belum ada pergantian dikarenakan adanya kecekcokan atau sebagian kendala yang tak bisa diceritakan oleh mahasiswa hal yang demikian kendala apa yang sebetulnya terjadi.

FA selaku Ketua Lazim SEMA-U yang hingga ketika ini belum dapat dijumpai atau diajak berbincang-bincang seputar pergantian kepengurusan SEMA-U ini, dikarenakan beliau sedang ada aktivitas. Jadi sampai ketika ini belum ada konfirmasi dan kabar yang terang berhubungan masa jabatan SEMA-U yang melebihi batas satu tahun pantas yang ada di SK Dirjen Pendis No 4961 tahun 2016.

Makin cepatnya dikerjakan pergantian kepengurusan SEMA-U, karenanya bergantinya juga segala Ormawa UIN RIL dari jabatan dan kekuasaan. SEMA-U semakin tidak berjalan dan slot bet 200 tak ada program kerjanya yang berpengaruh untuk mahasiswa UIN RIL, yang di mana patut SEMA-U menjadi pelopor bagi mahasiswa UIN RIL.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *